Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menentukan Sumber Sejarah


Ruang Kelas - Apa itu sumber sejarah? serta bagai mana menentukan sumber sejarah. Seumber sejarah adalah bukti dari rangkayain peristiwa sejarah yang berbentuk Tulisan, Benda, dan Lisan. Sumber sejarah terbagi menjadi dua yaitu sumber sejarah Primer dan sumber sejarah Sekunder. 

Bagi para sejarawan sumber sejarah sangatlah penting untuk merekuntuksi cerita sejarah yang utuh. Berbagai kendalah yang dihadapi para sejarawan untuk mencari data tersebut tidaklah mudah. Cerita sejarah berbeda dengan cerita seperti cerita rakyat yang biasanya cerita itu turun temurun dari generasi satu ke generasi yang akan datang.

Jenis-jenis Sumber Sejarah

Ada tiga sumber sejarah yang beisa menjadi rujuka untuk menulis sejarah, yaitu; Pertama, yaitu sumber sejarah Tulisan. Tulisan merupakan bukti yang autentik yang pertama dalam rangkaian cerita yang berbentuk tulisan yang sejaman. Banyak berbagai jenis sumber sejarah yang berupa tulisan diantaranya; Prasasti, Prasasti merupakan peninggalan yang bentuk benda yang terdapat tulisan didalam benda tersebut bisanya terbuat dari batu dan sejenisnya. Mislanya ada Prasasti Tugu yang merupakan bukti sejarah adanya kerajaan Tarumanegara. Selain dari prasasti ada juga naskah-naskah yang berbentuk tulisan seperti Hikayat, Cerita Parahyangan dan naskah-naskah lainnya. Untuk merekam jejak sejarah kuno ini sangat cocok digunakan untuk merekontuksi berbagai pristiwa sejarah kuno.

Kedua, yaitu sumber sejarah bentuk benda. Sumber sejarah yang berbentuk benda yang diperoleh dari peningalan-peninggalan benda-benda jaman dulu. Peninggalan sejarah jaman dulu seperti bngunan, perhiasan, masik-manik, patung, cabdi, dan yang lainnya. Benda tersebut di analisis sehingga menjadi fakta sejarah yang autentik sesuai zaman pristiwa sejarah tersebut.

Ketiga, yaitu sumber sejarah yang berupa lisan, sumber sejarah lisan digunakan untuk mencatat sebuah pristiwa dengan mencari keterangan dari pelaku sejarah atau saksi sejarah yang terlibat dalam pristiwa tersebut. Sumber sejarah lisan ini sudah digunakan sejak zaman dahulu yang kini digunakan untuk merangkai cerita sejarah kontenpoler. 

Menentukan Sumber Sejarah

Setelah menentukan jenis sumber sejarah yang kita inginkan untuk merekontruksi kembali sejarah. Maka, memilih cerita sejarah yang akan direkontruksi kembali yaitu dengan mengunakan jenis sumber sejarah yang tertera di atas.

Menentukan sumber sejarah kita harus memilih dan memilah sumber sejarah yang kredibel dan faktul sesuai dengan sejarah yang inin kita tulis. Penulisan sejarah dalam tapan ini disebut dengan pengumpulan sejarah atau disebut dengan Heuristik. Pengumpulan sumber sejarah ini nantinya akan di uji melalui tahapan kritik sumber.

Misalnya kita kan merekontuksi sejarah pada belasan abad yang lalu makan yang perlu kita lakukan adalah mencari sumber data tertulis, penulisannya sejaman dengan waktu ketika itu. Tentunya sumber tertulis tersebut iyalah berbentuk naskah seperti babat, hikayat dan yang lainnya itulah yang disebut dengan sumber sejarah pertama atau primer.

Selaian yang tertulis juga mencari bukti-bukti benda yang sezaman ketika itu yang akan membatu memberikan informasi melalui benda tersebut. Karena salain dari tulisan benda juga menjadi sumber sejarah yang plimer atau pertama jika benda tersebut buka reflika atau duplikat dari yang aslinya sehingga itu masuk pada sumber sejarah sekunder atau sumber penunjang.

Kemudian jika merekontruksi sejarah kontenpoler biasanya sumber sejarah yang digunakan adalah sumber sejarah lisan. Untuk memilih sumber sejarah lisan kita harus mengetahui terlebih dahulu sipa yang akan kita wawancarai, sebagai saksi, atau pelaku. 

Dari menntukan sumbersejarah tersebutlah rekontuksi sejarah akan menjadi cerita secarah yang utuh sesuai dengan fakta. Setelah menentukan sumber tersebut makan nanti akan memasuki tahapan berikutnya yauitu Kritik sumber, interpretasi, samapi pada penulisan sejarah atau Historiografi.