Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Belajar Sejarah


Masalalu merupakan pembelajaran untuk masa kini, perkmbangan ilmu sosial terus berkembang, ilmu sejarah merupakan bagian dari sosial. Manfaat belajar sebarah merupakn pembelajaran untuk msa yang akan datang. Sejarah sebagai ilmu merupakan unsur-unsur keilmuan yang sudah diuji.

Sejarah merupakan sebuah pristiwa masa lalu yang memberikan seuah pelajaran untuk masa kini. Manfaat belajar sejarah tentunya kita akan dibawa kesebuah cerita masa lalu. Lalau buat apa kita belajar sejarah ? tentu, pertanyaan itu sangat mendasar. Tahukah kalian bagai mana perestiwa terjadinya perang dunia ke-2 ? itu, merupakan sebuah perang yang sangat luar bisa bagi dunia yang menelan jutan korban serta negara kita Indonesia pun ikut serta dalam perang dunia ke-2 atau perang Asia Timur Raya.

Rangkayan peristiwa tersebut menceritakan bagaimana kondisi pada masalalau, peristiwa, tokoh, waktu, tempat, serta lantar cerita zaman dahlu. Sehingga, dengan adanya suatu peristiwa tersebut kita bisa megetahui kehidupan pada zaman dahulu. Rangkaian cerita tersebut memberikan kita sebuah informasi yang valid kisah pada masa lalau.

Banyak hal yang bisa kita ambil dalam rangkain cerita tersebut, cerita sejarah bisa berbentuk buku/novel, karya ilmiyah, jurnal, serta video/film. Media tersebutlah yang akan memberikan kita manfaat yang sangat banyak pengetahuan, ilmu, serta sebuah pengalaman hidup dimasa lalu untuk masa depan.

Kata "Jas Merah" yang digagas oleh Soekarno yang artinya jangan sesekali melupakan sejarah, dalam artian tersebut ada sebuah kata yang menyatakan bahwa suatu bangsa itu akan dilihat dari sejarahnya. Sehingga dalam artian besar dan kecilnya negara itu akan melahirkan sebuah sejarah bagi negaranya yang kemudian menjadi jati diri bangsa tersebut.

Sejarah sejuah bermanfaat bagi para seniman yang mempunyai keinginan untuk mepresentasikan cerita tersebut menjadi sebuah karya sastra atau pun pembuatan filem sehingga menampilkan wajah sejarah baru dalam dunia sastra maupun dalam dunia film. Banyak sekalai karya sastra yang bertemakan sejarah, ada juga yang membahas biografi atau tokoh bangsa seperti Kartini, Soekarno dan yang lainnya. Karya sastra tersebut kemudian diubah menjadi vsual dengan berbentuk sebuah film.

Kini dengan adanya berbagai media untuk mempresentasikan karya sejarah sehingga masyarakat sebagai konsumi mempunyai ketertarikannya sendiri tidak hanya sebuah cerita panjang tetapi ada nilai atau poin yang bisa diabil dalam cerita atau peristiwa sejarh tersebut. Lalau apa manfaat yang bisa diambil dalam sebuah persitiwa sejarah tersebut?

1. Cinta Tanah Air/Negara

Bagi yang suka sejarah Indonesia kalain akan disuguhkan berbagai mancam pereistiwa mengenai perjuangan bangsa Indonesia dari perlawanan penjajah Belanda hingga masa Jepang. Sehingga, bagaimana sulutnya para pahlawan kita untuk merebut kekuasan dari Belanda dan Jepang yang berkuasa di tanah air kita ini. Tnetu, kita harus menghormati para pahlawan yang sudah berjuang memerdekan Indonesia.

Serta untuk masa kini kita harus memperjungan kedaulan bangsa Indonesia ini dengan memberikan rasa nasionalisme dengan sikap yang lebih baik sehingga memberikan kualitas sumber daya manusia yang unggu, serta kepribadaian yang mencerminkan kebinekan.

Tangtangan global akan menunjukan prinsip bernegara untuk bersaing dilevel internasional bail secara ilmu pengetahuan, politik, ekonomi dan yang lainnya. Maka oleh sebab itu cinta tanah air untuk masa kini adalah harus bisa menjungjung tinggi negara kesatuan republik Indonesia daribagi elemen yang disebutkan tadi. Untuk menyikapi hal tersbut kita sebagai warga negara harus memberikan yang terbik bagi negara ini yang sudah susah payah para pahlawan untuk memperjuangan bangsa ini yang tercengkram dari penjajahan.

2. Mengetahui Identitas

Identitas atatau tanda pengenal merupakan suatu hal yang perlu diketahui, lalaui identitas tersebut diketahui dari mana? tentunya identitas tersebut di kehaui dari sejarah terdahulu.

Kata sejarah sendiri dalam bahasa arab yaitu Syajaratun yang artinya pohon kayu. Mempunyai makna keturunan, asal-usul, atau silsilah. Maka dari kata tersebut kita bisa mengetahu selaga sesuatu dari pristiwa terdahulu sehingga mengetahui identitas baik itu orang, negara, suku bangsa dab verkaitan tentang identitas lainnya.

Manfaat belajar sejarah kita akan mengetahui identitas baik itu secara lokal, nasional maupun secara dunia. 

3. Nilai saling menghormati

Saling menghormati terhadap perjuangan terlibih dahulu untuk memperjuangkan bangsa ini, tentu kita harus menghormati para pahlawan kita dengan cara memberikan penobatan sebagai pahlawan serta mendoakan bagai pahlawan yang sudah memperjuangan bangsa ini.

4. Belajar dari kelaslahn

Kesalahn merupakan suatu hal yang tidak boleh diulang, sehingga kesalahn tersebut bisa menjadi pengalaman yang harus diperbaiki sehingga tidak terulang kembali dimasa depan.

Ada pepatah mengatakan pengalaman yang terbaik adalah masalalu. Masalalu bukanlah hal yang buruk tapi masalalu juga ada hal yang baiknya, tidak semua hal baik menjadi buruk begitu juga sebaliknya. Manfaat belajar sejarah pada poin ini adalah untuk meperbaiki dari hal yang kurang baik untuk masa depan.

Penutup

Banyak yang belum mengetahu tentang manfaat belajar sejarah maka, penulis meberikan subuah sutumulus dalam tulisan ini untuk memahai tentang belajra ilmu sejarah dan manfaat berlajar sejarh. Jas Merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah.