Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biografi Imam Al-Ghazali


Imam Al-Ghazali merupan ulama termashur karya dan keilmuannya tidak diragukanlagi, biografi imam Al-Ghazali, pendidikan, dan karya-karya besar imam Al-Ghazali, berikt pemaparnnya.

Biografi imam Al-Ghazali ulama termashur dikalangan dunia Islam, serta keilmuan tasauf moderennya banyak digunakan dan diterapakan pada masa kini.

Biografi Imam Al-Ghazali

Kehidupan Imam Al-Ghazali, Imam Ghazali memiliki nama lengkap Abu Hamid bin Muhammad bin Muhammad Al-Ghazali At-Tusi, bergelar Hujjatul Islam yang artinya orang yang memiliki kewenangan/otoritas atas Islam. Di lahirkan di Thusi Khurasan pada tahun 1059 M.

Nama Al-Ghazali ini berasal dari ghazzal, yang berarti tukang menenunbenang, karena pekerjaan ayahnya sebagai menenun benang wol. Sedangkan kata Ghazali juga diambil dari kata ghazali, yaitu nama kampung kelahiran Al-Ghazali dan inilah yang dapat dipake, sehingga namanya dinasbkan kepekerjaan ayahnya dan tempat kelahirannya.

Ketika kecil Al-Ghazali sudah disupkan oleh ayahnya yaitu sebagai ulama besar, sebelum ayahnya meninggal Al-Ghazali sempat dititipkan kepada saudaranya yang bernama Ahmad. Ia adalah seorang sufi, dengan tujuan untuk didik dan dibimbing dengan baik.

Sejak kecil, Al-Ghazali dikenal sebagai anak yang baik senang menuntut ilmu, sejak masa anak-anak, iya telah belajar dengan berbagai guru di kota kelahirannya.

Guru Imam Ghazali adalah Al-Imam Haramain Al-Juwaini, seorang ulama besar dan mengajar di Madrasah An-Nidzamiyah, Baghdad, Iraq.

Pendidikan Al-Ghazali

Kesenangannya dengan filsafat, dari memperlajari beberapa filsafat, baik Yunani maupun dari pendapat-pendafat filsuf Islam, Al-Ghajali mendapatkan argumen-argumen yang tidak kuat, bahkan banyak yang bertentangan dengan Islam.

Dari pemikirannya Al-Ghazali menyerang argumen filsafat Yunani dalil Aristoteles tentang azalinya alam dan pendapat pada filsuf yang mengatakan bahwa tuhan tidak mengetahui perincian alam hanya menetahi hal-hal yang besarnya saja. Ia juga menentang argumen mengenai para filsuf yang mengatakan kepastian hukum sebab akibat semata-mata, mustahil adanya penyelewengan.

Dengan kemampuannya Al-Ghazali mendapatkan gelar kehormatan Hujjatul Islam atas pembelannya yang mengagungkan terhadap agama Islam, terutama terhadap kaum bathiniyyah dan kaum filsof.

Dari hal tersebut, kita memperlajari bahwa imam Al-Ghazali mempunyai keistimewan yang sangat luarbiasa . Dia adalah seoran ulama, pendidik, ahlipikir dalam ilmunya dan pengarang produktif.

Karya Besar Imam Al-Ghazali

Imam Ghazali memiliki karakter tekun, rajin, teliti, dan cerdas sehingga banyak disiplin ilmu yang dikuasainya. Di antaranya seperti, ilmu kalam, fiqih, teologi, filsafat, kimia, matematika dan lain sebagainya. Imam Ghazali berhasil menulis sekitar dua ratus kitab. Di antara karyanya yang masyhur adalah :

Tahafutut Falasifah (kerancuan filsafat) : sebuah kitab yang membahas tentang filsafat Islam

Ihya ‘Ulumiddin : kitab tasawuf yang membahas tentang kaidah dan prinsip dalam menyucikan jiwa yang membahas tentang penyakit hati, pengobatannya dan mendidik hati. Kitab ini merupakan karya yang paling terkenal dari Imam Ghazali.

lbya 'Ulum Ad Din (menghidupkan kembali ilmu-ilmu agama), merupakan

karya terbesarnya selama beberapa tahun dalam keadaan berpindah-pindah

antara damaskus,Yerussalem, Hijfiz dan Thus yang berisi panduan antara

fiqih, tasawaf dan filsafat.

Al Munqidz Min Ad Dialfil (penyelamat dari kesatuan), merupakan

sejarah perkembangan alam pikiran Al Ghazali dan merefleksikan

sikapnya terhadap beberapa macam ilmu serta jalan mencapai Tuhan.

Al Malirif Al 'Aqliyyah (pengetahuan yang rasional).

Misykat Al Anwar (lampu yang bersinar banyak), pembahasan akhlaq

tashawuf.

Minhaj At 'Abidin mengabdikan diri pada Tuhan).beriman kepada allah

semua ibadahnya dan amalannya hanya untuk tuhan ,karena itu cara untuk

mendekatkan dirinya dengan sang khalik.

Al lqtishad fi Al I'tiqad (moderasi dalam akidah).mengikuti ajaran dalam

agama dan kepercayaan mereka

Ayyuha Al Walad (wahai anak) mengajarkan tentang akhlak seorang anak

dalam akidah islam.

Al Mustasyfa (yang terpilih).orang yang terpilih dalam organisasi dalam

islam.

Iljam Al 'Aw-wam 'an `al kalam : tentang perkataan tuhan kepada manusia.

Mizan Al 'Amal (timbangan amal) tentang akhlak amal seseorang.

Penutup

Imam Al-Gazali adalah ulama terkemuka, atas keinginan ayahnya Al-Ghazali menjadi seoran ulama yang akan menjungjung tinggi agama Islam. Dengan kegemaran Al-Ghazali terhadap ilmu dan belajar keberbagai guru sehingga Al-Ghazali mendapatkan berbagai displin ilmu. Hal itu bisa dibuktikan dengan hasil karya-karnya yang sangat begitu banyak.