Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menemukan Sumber Sejarah

 

Bagaimana cara menemukan sumber sejarah? dan apa itu sumber sejarah? Seumber sejarah adalah bukti dari rangkayain peristiwa sejarah yang berbentuk Tulisan, Benda, dan Lisan. Sumber sejarah terbagi menjadi dua yaitu sumber sejarah Primer dan sumber sejarah Sekunder. 

Bagi para sejarawan sumber sejarah sangatlah penting untuk merekuntuksi cerita sejarah yang utuh. Berbagai kendalah yang dihadapi para sejarawan untuk mencari data tersebut tidaklah mudah. Cerita sejarah berbeda dengan cerita seperti cerita rakyat yang biasanya cerita itu turun temurun dari generasi satu ke generasi yang akan datang.

Ada tiga sumber sejarah yang beisa menjadi rujukan untuk menulis sejarah, yaitu; Pertama, yaitu sumber sejarah Tulisan. Tulisan merupakan bukti yang autentik yang pertama dalam rangkaian cerita yang berbentuk tulisan yang sejaman. Banyak berbagai jenis sumber sejarah yang berupa tulisan diantaranya; Prasasti, Prasasti merupakan peninggalan yang bentuk benda yang terdapat tulisan didalam benda tersebut bisanya terbuat dari batu dan sejenisnya. Mislanya ada Prasasti Tugu yang merupakan bukti sejarah adanya kerajaan Tarumanegara. Selain dari prasasti ada juga naskah-naskah yang berbentuk tulisan seperti Hikayat, Cerita Parahyangan dan naskah-naskah lainnya. Untuk merekam jejak sejarah kuno ini sangat cocok digunakan untuk merekontuksi berbagai pristiwa sejarah kuno.

Kedua, yaitu sumber sejarah bentuk benda. Sumber sejarah yang berbentuk benda yang diperoleh dari peningalan-peninggalan benda-benda jaman dulu. Peninggalan sejarah jaman dulu seperti bngunan, perhiasan, masik-manik, patung, cabdi, dan yang lainnya. Benda tersebut di analisis sehingga menjadi fakta sejarah yang autentik sesuai zaman pristiwa sejarah tersebut.

Ketiga, yaitu sumber sejarah yang berupa lisan, sumber sejarah lisan digunakan untuk mencatat sebuah pristiwa dengan mencari keterangan dari pelaku sejarah atau saksi sejarah yang terlibat dalam pristiwa tersebut. Sumber sejarah lisan ini sudah digunakan sejak zaman dahulu yang kini digunakan untuk merangkai cerita sejarah kontenpoler. 

Bagi para sejarawan harus memahami betul mengeni informasi sejarah, baik dalam bentuk tulisan maupun bukan tulisan atu sejenisnya. Sember sejarah sebagai informasi pertama bai sejarawan untuk menulis Sejarah.

Dari tiga sumber sejarah yang dipaparkan di atas merupakan pokok sumber bahan rujukan dalam penulisan sejarah,  tiga pokok sumber sejarah yaitu Tulisan, Benda, dan Lisan.