Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Imam Muslim

Diantara para ulama yang telah diakui kemampuannya dan sangat besar jasanya, sudah cukup dikenal oleh kita semua yaitu Imam Muslim dengan kitab hadisnya yang terkenal yaitu kitab Sahih Muslim.

Menurut imam An Nawai dilansir dari muslim.or.id sebagai salah satu yang paling shahih setelah Al-Qur'an yang pernah ada. Sampai-smapi ketika seseorang menuliskan hadis yang ada dikitab tersebut, atau dengan tanda pada akhir hadis berupa perkataan : "Hadis riwayat muslim"

Kehebatan Imam Muslim dalam meriwayatkan hadis, tentu ini sangat menarik untuk dibahas mengenai biografi Imam Muslim ulama yang terkenal dan jasanya yang sangat besar dalam ilmu hadis. Berikut adalah biografi singkat dari Imam Muslim.

Kelahiran Imam Muslim

Nama lengkapnya Imam Abul Husain Muslim bin al-Hajjaj bin Muslim bin Kausyaz Al-Qusyairi An- Naisaburi, dilahirkan di Naisabur pada tahun 204 H/810 M. Naisabur, saat itu termasuk wilayah Rusia, yang dalam sejarah Islam dikenal dengan sebutan Maa Wara’a an Nahr, daerah-daerah yang terletak di belakang Sungai Jihun di Uzbekistan, Asia Tengah.

Naisabur pernah menjadi pusat pemerintahan dan perdagangan kurang lebih 150 tahun pada masa Dinasti Samanid. Bahkan, kota Naisabur dikenal juga saat itu sebagai salah satu kota ilmu, tempat berkumpulnya ulama besar dan pusat peradaban di kawasan Asia Tengah.

Imam Muslim sangat menyukai ilmu Hadist. Kecerdasan dan ketajaman hafalannya sudah ditunjukkan sejak kecil. Pada usia 10 tahun, sering datang berguru kepada Imam Ad Dakhili, seorang ahli hadits di kotanya. Setahun kemudian, Muslim mulai menghafal Hadist dan berani mengoreksi kekeliruan gurunya ketika salah dalam periwayatan Hadist. Kecintaannya kepada ilmu Hadist menjadikannya pngembara ke berbagai tempat dan untuk mendapatkan silsilah yang benar sebuah Hadist.

Karya Imam Muslim

Imam Muslim banyak menulis kitab-kitab Hadist, diantaranya yang termashur adalah, al-Jami’ ash-Sahih atau dikenal sebagai Shahih Muslim, al-Musnad al-Kabir , al-Asmah Wal-kun,al-Ilal, al-Qaran, Sualat Ahmad bin Hambal, al-intifa’ bi Uhubis-Siba’, Al-Muhadramain, Man laisa lahu Illa Rawin Wahid, kitab Auladish-shaba , dan kitab Auham al-Muhaddisin. Selain itu, yang paling mashur

adalah ash-Sahih, yang judul lengkapanya adalah al-Musnad as-Shahih al- Mukhtashar Min as-Sunan bin Naql al-Adl’an Rasul Allah, berisi 3,033 Hadist.

Wafat

Beliau wafat pada hari Ahad sore, dimakamkan di Nasr Abad, salah satu daerah di luar Nisabur, pada hari Senin, 25 Rajab 261 H/5 Mei 875 M, dalam usia 55 tahun.