Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biografi Ar-Razi

Biografi Ar Razi, Nama lengkapnya adalah Abu Bakar Muhammad bin Zakariyya Ar-Razi. Dilahirkan di kota Rayy, Thehran, ibukota Iran. Di Baghdad, dikenal sebagai kepala dokter di rumah sakit besar yang ia dirikan sendiri.

Ar Razi merupakan sosok ilmuan muslim yang sangat hebat, ia merupakan ilmuan yang aktif menulis dan banyak karya-karya sangat hebat dan memukau.. Ketika masih remaja Ar Razi pernah menekuni sebagai tukang intan, penukar uang hingga bermain music pada masa mudanya.

Namun, Ar Razi meninggalkan hal itu, ia lebih focus terhadap ilmu pengetahuannya dan belajar kima. Namun, ketika itu Ar- Razi meninggalkannya karena ada yangguan pada matanya saat bereksperimen terhadap penemuan dalam bidang kimianya.

Setelah mendalami kima Ar Razi belajar mengenai imu kedokteran kepada At-Thabari sebagai gurunya, yang kita ketahui bahwa At-Thabari merupakan ilmuan kedokteran dan filsafat. Sosok Ar Razi merupakan sosok ilmuan yang sangat luarbiasa di samping ia panda menguasai imu kima, kedokteran ia juga pandai dalam ilmu filsafat.

Pada masa hidupnya ia mendedikasikannya kepada dunia kedokteran, terbukti ketika masa kepemimpinan Khalifah Muktafi, ia pergi ke Bahdad dan memimpin salah satu rumasakit disana. Kemudia ia disela-sela kesibukan sebagai ahli kesehatan ia juga memanfaatkan waktu kosongnya untuk menulis dan belajar.

Dari kegiatan tersebut Ar Razi mendaptkan karya yang memukau dan penemuannya terhadap penyakit cacar, dengan pertemuan tersebut meberikan manfaat ilmu kedoktern trhadap penemuan tersebut. 

Ar-Razi juga merupakan penulis paling produktif, semasa hidupnya ia menulis tidak kurang dari 200 karya ilmiah. Diantaranya adalah :

o Al-Hawi (buku yang komprehensif) : buku ini dianggap sebagai karya utama Ar-Razi dalam bidang kedokteran, yang pertama kali diterjemahkan ke bahasa Latin oleh seorang dokter Yahudi Sisilia, Faraj bin Salim pada 1279 M.

o Al-Judari wal Hasbah : buku ini membahasa tentang penyakit cacar air, campa, dan bisul serta dipandang sebagai mahkota dalam literatur ilmu kedokteran. Buku ini pertama kali diterjemahkan ke dalam bahasa Latin di Vanesia pada tahun 1565 M.

Karya-karya besar Ar-Razi menjadi rujukan utama bagi pengembangan ilmu kedokteran di masa-masa mendatang. Buku-buku karya Ar-Razi banyak dijumpai di perpustakaan universitas di Eropa, dan digunakan sebagai buku rujukan untuk dunia kedokteran di Barat.

Masih banyak lagi karya-karya besar Ar-Razi yang sangat berarti bagi perkembangan ilmu kedokteran, di antaranya adalah :

- Small-pox (penyakit cacar). Ia merupakan sarjana Islam pertama yang meneliti penyakit ini. Ia lah yang memb agi penyakit ini menjadi dua bagian; cacar air (variola) dan cacar merah (vougella). Penemuan ini melambungkan namanya dalam dunia kedokteran.

- Air Raksa (Hg). Salah satu penemuan Ar-Razi yang sangat berguna dalam dunia medis.

- Diagniosa Hypertensi. Ar-Razi adalah seorang dokter yang pertama kali melakukan diagnosis terhadap hypertensi (darah tinggi). Metode pengobatannya tergolong khas, yaitu dengan pemanasan syaraf. Ia juga melakukan pengobatan mirip cara akupuntur yang sudah amat populer saat ini.

Penutup

Sejarah peradaban islam memberikan sumbangsing dalam dunia kelimuan yang sangat luarbiasa, khususnya terdapat berbagai ilmuan dalam dunia intelektual. Dari tokoh-tokoh islam salah satunya adalah Ar  Razi, dari biografi di atas menunjukan bahwa sosok Ar Razi adalah ilmuan yang sangat mempuni dalam dunia kedokteran, kima dan filsafat.

Dengan ditunjukannya bebgai karnya ilmiah yang ditulis oleh Ar Razi memberikan pengetahuan bagi kita, dan karya-karya tersebut juga digunakan di bebangai degara hingga negara barat.