Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Silsilah Bangsa Arab

Ruang Kelas - Keitika kita bicara soal Bangsa Arab tentu kita akan bicara tentang Islam, karena Islam pertama kali hadir di Arab. Melihat dari sejarah Bangsa Arab mempunyai akar perjalanan Sejarah yang sangat panjang. Maka dalam kesempatan ini saya kan menceritakan tentang Silsilah Bangsa Arab sebelum Islam atau di sebut Pra-Islam. Bangsa Arab disebut juga bangsa Badawi, Badawah, atau Badui.

Rumpun Bangsa Arab

Bangsa Arab menurut beberapa sumber sejarah, mereka termasuk ras atau rumpun bangsa Caucasoid, dalam subras Mediterranean yang anggotanya meliputi wilayah sekitar Laut Tengah, Afrika Utara, Armania, Arabia, dan Iran. Nah, itulah rumpun suku orang-orang Arab. 

Ketikia itu Bangsa Arab hidupnya berpindah-pindah nomaden, karena tanahnya terdiri atas gurun pasir yang kering dan sangat sedikit turun hujan.  Perpindahan mereka kesatu tempat ke tempat lain mengikuti tumbuhnya stepa atau padang rumput yang tumbuh secara sporadic di Arab di sekitar oasis atau gunung air setelah turun hujan. 

Melihat tempat tersebut digunakan untuk mengembalakan ternak mereka seperti domba, unta, dan kuda, sebagai binatang unggulannya. Mereka mendiami wilayah Jazirah Arab yang dahulu meliputi sambungan dari wilayah gurun, yang memberntang dari barat Sahara di Afrika hingga ke timur melintasi Asia, Iran Tengah, dan Gurun Bobi di Cina. 

Wilayah ini sangat kering dan panas karena uap air laut yang ada di sekitarnya. Penduduk Arab tinggal di Kemah-kemah dan hidup berburu untuk mencari nafhah. 

Para penulis kelasik membai negara-negara itu menjdai Arab Felix, Arab Petra, dan Arab Gurun, didasarkan atas pembagian wilayah yaitu, Arab Gurun meliputi gurun  pasir Suriah-Mesopotania (Badiyah). Wilayah Arab Petra (Gunung Batu) berpusat didataran Sinai dan Kerajaan Nabasia, dengan ibukota Petra.

Arab Felix mencakup bagian wilayah lainnya di Semananjung Arab, yang kondisinya tidak diketahuui. Ketika itu Bangsa Arab sudah dikenal baik oleh Yunani dan Romawi, sebab negara tersebut berada di jalur perdangan menuju India dan Cina. 

Bicara mengenai wilayah geografis yang dihuni oleh bangsa Arab Sebelum Islam dalam tulisan Ali Mufrodi bahwa Bangsa Arab sebelum Islam ketika itu mendiami daerah-daerah di sekitar Jazirah Arab. Jazirah Arab merupakan keidaman mayoritas bangsa Arab kala itu. Jajirah Arab terbagi dalam dua bagian besar, yaitu bagian tengah dan bagian pesisir. 

Sedengkan menurut Ahmad Hashari penduudk Arab Kuno adalah penduduk fakir miskin yang hidup dipinggiran desa terpencil; mereka senang berperang, membunuh, dan kehidupannya bergantung pada bercocok tanam dan turunnya hujan.

Mereka berperang pada aturan qabilah atau suku dalam kehidupan sosial. Semntara penduduk Arab Kota (Madani) adalah orang-orang yang melakukan perdagangan dan sibuk dengan berpergian, dan mereka juga berpegang teguh pada qabilah atau suku.

Jadi, kerika itu Bangsa Arab atau disebut juga bangsa Badawi, Badawah, Badui. Secara geografis menduduki semua Jazirah Arab dan hidupnya berpindah-pindah dari satu tempat ketempat lain untuk mencari lembah dan padang rumput. Bangsa Arab termasuk rasa tau rumpun bangsa Caucasoid.