Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kejayaan Rezim Soeharto Masa Orde Baru

 


Indonesia merupakan negara yang cukup luas, darat  dan lautan. Tidak mudah untuk menyatukan wilayah-wilayah Indonesia yang cukup luas itu, beruntung tokoh-tokoh ketika itu bisa mempersatukan bangsa ini dengan pilsapah Pancasilanya. Indonesia mempunyai riwayat sejarah yang cukup panjang dari masa Hindia-Belanda, masa jepang hingga masa Repormasi saat ini. Rangkayan sejarah tersebut meiliki dinamika kehidupan yang berbeda, diawali masa pemerintahan Indonesia paska kemerdekaan di pegang langsung oleh presiden yang pertama yaitu, Ir. Soekarno dan Muhammad Hatta dengan sistem pemerintahan Demokrasi Terpimpin. Akhir dari kepemimpinan Soekarnao ditandai dengan adanya Supersemar kepada letjen Soeharto. Pada masa Soeharto sistem kepemerintahan pun ikut berubak ketika itu Soeharto tidak lagi menganut Demokrasi Terpimpin melainkan dengan sistem Demokrasi Pancasila, lalu apakah Demokrasi panca sila itu?.

Demokrasi pancasila yaitu suatu paham demokrasi yang bersumber pada kepribadian dan filsafah hidup bangsa Indonesia, yang digali dari bangsa itu sendiri, yaitu pancasila. Dengan nsistem Demokrasi Pancasila ini Soeharto membangun Indonesia selama 32 tahun sehingga Soeharto menjadi presiden  sedunia yang terlama menjabat.

Banyak sekali kesuksesan yang diraih masa Orde Baru  mislanya dari segi pembangunan Inprastruktur, pendidikan, ekonomi, kesehatan serta yang lainnya. kesuksenan dari bidang Inprastruktur ketika itu banyak sekali pembangunan-pembangunan yang dikerjakan oleh pemerintah dari pasilitas umum hingga berbagai pasilitas lainnya sehingga menimbulkan banyak sekali perubahan bagi masyarakat kerika itu. Kemudian, perkembangan dari pendidikan presiden Soeharto membangun sekolah dasar atau disebut dengan SD Inpres yang kemudian pembangunan sekolah tersebut menjadi tolak ukur masyarakat untuk belajar dan menuntaskan kebutaan hurup, dan kontri busi tersebut membantu jutaan orang Indonesia bisa mengenyang bangku pendidikan hingga ke pelosok Indonesia. 

Kesuksesan yang signipikan ketika itu pada bidang pertanian, Inpestasi besar-besaran yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan komoditas pada bidang pertanian memberikan kualitas benih, pupuk serta peralatan lainnya sehingga pertanian Indonesia maju. Hasil dari Investasi tersebut pemerintah Soehato tidak siasia hasilnya Indonesia ketika itu menjadi Macan Asia dalam sektor pertanian. Tidak hanya pertanian sekotor Industri pun banyak memberikan jemajuan yang signipikan ditandai dengan adanya Investasi dari luar negeri, namun hal ini menimbulkan berbagai beda pandangan dari masyarakt sehingga memunculkan konfil. Dengan membangun ekonomi domistik sehingga pada tahun 1971-1981 pertumbuhan PDB berkisar 7,7 % dan tidak pernah di bawah  5%. Pertumbuhan ekonomi juga ditambah dengan melimpahnya Sumber daya alam yang dimiliki Indonesia sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat dari hasil minyak bumi, gas alam, setra pertambangan-pertambangan yang ada di wilayah Indonesia.

Itulah pertumbuhan kontribusi pemerintahan Soeharto dalam membangun Indonesia yang pembanunanya lebih kepada mensejahtrakan rakyat dengan sistem pemerintahan Demokrasi Pancasila.