Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkembangan Daulah Umayyah


RUANG KELAS - Perkembangan Peradaban Islam masa Dulah Umayyah memberikan kemajuan yang signifikan. Berikut adalah rangkuman materi mengenai perkembangan Islam masa Daulah Umayyah, materi pembelajaran kelas tujuh.

Perkembangan pada masa Daulah Umayah menyangkup beberapa elemen diantaranya perkembangan di bidang sosial, perkembangan di bidang budaya, dan perkembangan di bidang politik militer. Oleh babitu perkebangan Daulah Umayyah memberikan pembelajran bagi kita semua untuk melihat peristwa di masa lalu, sehingga kita menambanh ilmu pengetahuan kita serta mengetahui bebagai perkembangan dari Dulah Umayyah. Berikut penjelasan dari bidang-bidang tersebut;

Perkembangan di Bidang Sosial 

Terciptanya ketertiban kehidupan masyarakat karena sudah adanya peraturan dan perundang-undangan negara dan adanya lembaga penegak hukum, seperti lembaga pengadilan dan kepolisian.Terciptanya kemakmuran dan keadilan yang merata karena pemerintah telah memberikan hak-hak dan perlindungan yang sama kepada warga.

Terpelihara dan terjaminnya masyarakat kelas bawah seperti anak yatim orang lumpuh, buta dan lain-lain. Di bangunnya rumah sakit, jalan raya, sarana olah raga (seperti gelanggang pacuan kuda), tempat-tempat minum di tempat yang strategis, kantor pos, pasar / pertahanan sebagai sarana prasarana Umat.

Perkembangan di Bidang Budaya

Bahasa Arab berkembang luas ke berbagai penjuru dunia dan menjadi salah satu bahasa resmi internasional di samping bahasa Inggris.Mencetak mata uang dengan menggunakan bahasa Arab. Mendirikan pabrik kain sutera, industri kapal dan senjata, gedung-gedung pemerintahan. Membangun Irigasi-irigasi sebagai sarana pertanian. Membangun kata Basrah dan Kuffah sebagai pusat perkembangan Ilmu dan Adab. Membuat administrasi pemerintahan dan pembukuan keuangan negara.

Perkembangan / Prestasi di Bidang Politik Militer

Terbentuknya Lima Lembaga Pemerintahan:

1) Lembaga politik (An-Nizam As-Siyasi)

2) Lembaga keuangan (An-Nizam Al-Mali)

3) Lembaga tata usaha negara (An-Nizam Al- Idari)

4) Lembaga kehakiman (An-Nizam Al - Qadai)

5) Lembaga ketenteraman (An-Nizam Al- Hardi)

Terbentuk Dewan Sekretaris Negara (Diwanul Kitabbah) yang bertugas mengurusi berbagai macam urusan pemerintahan. Dewan ini terdiri dari lima orang sekretaris, yaitu:

1) Sekretaris Persuratan ( Katib Ar rasai)

2) Sekretaris Kepolisian ( Katib Al Jund )

3) Sekretaris Kehakiman ( Katib Al Qadi)

4) Sekretaris Keuangan ( Katib Al Kharraj)

5) Sekretaris Tentara ( Katib Al Jund )

Untuk mengurusi keselamatan Khalifah, dibentuklah al-Hijabah atau ajudan. Semua orang yang akan menghadap Khalifah harus meminta ijin kepada al-Hijabah.

Memindahkan Ibu kota pemerintahan Bani Umayyah dari Kuffah ke Damaskus. Menumpas segala bentuk pemberontakan yang ada demi, terciptanya stabilitas keamanan dalam negerinya. Menyusun organisasi pemerintahan agar roda pemerintahannya dapat berjalan lancar. Mengubah sistem pemerintahan demokrasi menjadi sistem monarki.

Menetapkan bahasa Arab sebagai bahasa nasional daulah Umayah yang dapat berfungsi sebagai alat pemersatu bangsa. Tokoh-tokoh yang berperan dalam pengembangan politik dan militer antara lain: Khalifah Muawiyah, Khalifah Abdul Malik bin Marwan, Khalifah Wahid bin Abdul Malik, Khalifah Sulaiman bin Abdul Malik

Dibalik kejayan Dualah Umayyah tersebut tidak terlepas dari khalifah-khalifah terbaiknya. Sehingga dari berbagai bidang sosial, politik, budaya serta perkembangan dari yang lainnya yang sangat memukau. Melihat dari perkebangan Dulah Umayyah tersbut kita bisa ngambil pembelajran untuk dimasa sekarang dimana masa globalisasi ini. 

Penulis sebagi bahan rujukan melihat dari buku yang di terbitkan oleh kemntrian agama Republik Indonesia, kebih lanjutnya baca buku Sejarah Kubudayan Islam Kelas 7 Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia 2019.