Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Pendirian Kerajaan Salakanegara

Kerajaan Salakanegara

Ruang Kelas - Sejarah Kerajaan Sunda yang pertama yaitu Kerajaan Salakanegara merupakan kerajaan besar ditatar sunda yang kemudian membangun peradaban sunda. Banyak sekali para sejarawan yang mengaji kebenaran dari kerajaan Salakanegara, Tentu, ini menjadai menarik untuk dibicarakan mengenai bagaimana latar belakang kerajaan salakanegara ini berdiri sehingga menjadi kerajan Sunda yang pertama.

Tidak banyak ditemukan mengenai sumber tertulis maupun seumber arkeologi mengenai kerajaan Salakanegara. Kerajaan Salaka negara juga merupakan kerajaan tertua di Nusantara, banyak sekali kontopersi terhadap kerjaan ini.

Kerajaan Salakanegara dilansir dari Wikipedia kerajaan ini dikatakan kerajaan dengan keberadaannya setengah mitologis karena tidak pernah ditemukan bukti fisik keberadaannya. Sumber sumber mengenai kerajaan ini hanya cerita naskah dikemas dalam beberapa Naskah Wngsakerta.

Diansir dari tirto.id riwayat kerajaan Salakanegara memang berselimut mesteri yang cukup pekat. tidak hanya soal mitos argyre, hal-hal lain terkait kerajaan yang didirikan pada tahun 130 M. Jika dilihat dari waktu berdirinya, Salakanegara yang sudah eksis abad ke-2 jelas lebih tua dibandingkan Kutai yang baru muncul sejak abad ke-4 M. Namun, yang melemahkan klaim Slakanegara adalah bukti fisik terkait asal muasal kerajaan ini sangat minim. Berbeda denga riwayat Kutai yang dilacak melaluai penemuan sejarah prasasti. (https://tirto.id/sumber-sejarah-kerajaan-salakanegara-letak-keruntuhan-raja-raja-ga9K)

Dengan minimnya sumber dilansir dari Pustaka Rajya-rajya I Bumi Nusantara yang digubah hampir 600 tahun setelah peristiwa yang diceritakan terjadi. Uraian PRBN yang dilansir dari Jurnal Karya Agus Aris Munandar,  Kerajaan Salakanegara Berdasarkan Data yang Tersedia tentang kerajaan Salakanegara berawal dari tokoh Aki Tirem yang menjadi Datu dari pemukiman nelayan di pantai barat Jawa yang menghadap ke Selat Sunda. Aki tirem sendiri bukan penduduk asli, melainkan nenek moyang berasal dari Sumatra dan Hujung Medini (Semenanjung Malayu), bahkan leluhurnya berasal dari Asia tenggara daratan. Datanglah para kesatria dari india dipimpin oleh Dewawarman ke perkampungan nelayan Aki tirem. Kebetulan pada waktuitu kampung Aki Tirem sedang dijarah oleh para perampok. Dewawarman dan anak buahnya lalu membantu penduduk setempat untuk mengalahkan dan mengenyahkan para perampok (PRBN 1.1, 107:5-20). (Agus Aris Munandar, Kerajaan Salakanegara Berdasarkan Data yang Tersedia, TSAQOFAH vol 10 No. 01 Hal. 134).

Berkat jasanya itu lalu Dewawarman dinikahkan dengan anak Aki Tirem bernama Pwahaci larasati. Begitupun banyak anak buah Dewawarman yang menikah dengan perempuan pribumi, sehingga mereka enggan kembali ke Tanah Bharata (India), beranak cucu menjadi warga setempat. Setelah Aki Tirem meninggal pimpinan wilayah pesisir barat Pulau Jawa dipegang oleh Dewawarman, ia menjadi prabu dengan gelar Dharmolokapala Dewawrman Hajin Raksagapurasagara (131-169 M) istrinya bergelar Dwei Dhwanirahayu, kerajannya dinamakan Salakanegara. Kerajaan tersebut mengawasi jalur laut di selat antara Jawa dan Suwarnadwipa, angkatan laut Salakanegara cukup kuat sehngga perampok dan penyamun dapat dibasmi di wilayah Selat Sunda. (Agus Aris Munandar, Kerajaan Salakanegara Berdasarkan Data yang Tersedia, TSAQOFAH vol 10 No. 01 Hal. 134).

Dilansi dari Merdeka.com Kerajaan Tarumanegara memiliki pusat pemerintahan di Rajatapura, Teluk Lada, Provinsi Banten. Konon dikisahkan terdapat fakta menarik nama Ibu Kota Salakanegara memiliki kaitan yang cukup erat dengan nama kota di Banten (https://www.merdeka.com/jabar/sepenggal-kisah-salakanagara-sunda-kerajaan-yang-disebut-tertua-di-nusantara.html) 

Raja-raja Tarumanegara

Para penguasa dari kerajaan Tarumanegara tersebut adalah sebagai berikut:
1. Dewawarman I atau  Dharmolokapala Dewawrman Hajin Raksagapurasagara
2. Dewawarman  II atau Prabu Digwijayaksa Dewawarmanputra
3. Dewawarman III atau Prabu Singasagara Dimayasawirya
4. Dewawarman  IV 
5. Dewawarman  V
6. Mahisa Suramardini Warmadewi
7. Dewawarman VI
8. Dewawarman VII
9. Sphtikarnawa Warmadewi
10. Dewawarman VIII
11. Dewawarman  IX

Sumber 

Agus Aris Munandar, Kerajaan Salakanegara Berdasarkan Data yang Tersedia, TSAQOFAH vol 10 No. 01
https://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Salakanagara
https://tirto.id/sumber-sejarah-kerajaan-salakanegara-letak-keruntuhan-raja-raja-ga9K
https://www.merdeka.com/jabar/sepenggal-kisah-salakanagara-sunda-kerajaan-yang-disebut-tertua-di-nusantara.html