Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penepatan Kalender Hijriah

RUANGKELAS17 - Kelender Hijriah merupakan penentuan tanggal atu bulan yang berkaitan dengan ibadah serta hari penting dalam Islam, kalender Hijrah merupakan kalender umat muslim dinami kalender Hijriah karena pada saat tahun pertama hijriah terjadi peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad Saw Ke Kota Madinah dari Maakah, peristiwa tersebut terjadi pada tahun 622 Masehi.

Penggunakan kalender Hijriah untuk menentukan penanggalan mengundakan peredaran bulan. Berbeda dengan kalender Masehi yang mengunakan peredarah Matahari, penanggalan Hijriah di mualai ketika memasuki waktu Magrib sedangkan kalender Masehi dimuali pada dinihari atu 00.00 dengan menggunakan perhituangan atu peredaran Matahari.

Dilansir dari Wikipedia penentukan kapan dimulainya tahun ke-1 Hijriah dilakukan 6 tahun setelah wafatnya Nabi Muhammad Saw. tetapi yang mendasari Kalender Hijriah telah ada sejak zaman Pra-Islam, dan sistem ini direvisi pada tahun ke-9 periode Madinah.

Setelah wafatnya Nabi Muhammad Saw. diusulkan kapan dimulainya Tahun 1 Kalender Islam di Mulai. Ada yang menguslkan adalah tahun kelahiran Nabi Muhammad Saw sebagai awal patokan penaggalan Islam. Ada yang mengusulkan pula awal patokan penanggalan Islam adalah tahun wafatnya Nabi Muhammad Saw.

Akhirnya, pada tahun 638 M (17 H), Khalifah Umar bin Khatab menetapkan awal patokan penanggalan Islam adalah tahun di mana hijrah Nabi Muhammad Saw dari Makkah ke Madinah. Penentuan awal patokan ini dilaukan setelah menghilangkan seluruh bulan-bulan tembahan (interkelasi) dalam periode 9 Tahun. Tanggal 1 Muharram Tahun Hijriah betepatan dengan tanggal 16 Juli 622, dan tanggal ini bukan berarti tanggal Hijriahna Nabi Muhammad Saw. Peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw terjadi bulan September 622. Dokumen tertua yang menggunakan sistem Kalender Hijriah adalah papirus di Mesir pada tahun 22 H. PERF 558.

Jadi, penepatan kalender Hijraih dimulai ketika Hijrahnya Nabi Muhammad Saw dari Makkah ke Madinah, setra penepatan tanggal dengan menggunakan peredarah bulan. Pada masa Kalifah Umar bin Khattab pengunaan Kalender ini di tetapkan, walaupun ketika Pra-Islam sudah mempunyai kalender.

Bulan-Bulan Hijriah.

Penaman bulan hijriah mempunyai makana dan sebuah peristiwa dari setiap bulannya, misalanya pada bulan 1 Muharam yang merupakan Tahun baru hijraiah atau tahun baru Umat Islam. Berikut adalah nama-namama bulan pada Kalender Hijriah

1. Muharam

2. Safar

3. Rabiul Awal

4. Rabiul Akhir

5. Jumadil awal

6. Jumadil akhir

7. Rajab

8. Syakban

9. Ramadan

10. Syawal

11. Zulkaidah

12. Zulhijah

Itulah nama-nama bulan pada Kalender Hijriah. Dari setiap bulan tersebut mempunyai sebuah peristiwa besar seta mempunyai maknsa secara historis. Kalender Hijriah ini merupakan bagian dari prestasi dari Khalifah Umar bin Khatab, Khalifah ke dua setelah Abu Bakar As Siddiq.

Kalender tersebut mencirikan bahwa perkembangan Islam semakin bertambah dengan kalender ini mempunyai ciri dan identitas bagi umat muslim. Kalender Hijriah tersebut digunakan hingga saat ini.