Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Budaya Mandala India

Empat mandala budaya india

Berbicara mengenai Asia Selatan kita akan teringat dengan Negara India, mempunyai kebudayaan yang sangat kental. Mandala budaya India yang sangat unik yang harus kita pelajari di Negara Bollywood ini budaya yang berasal dari alam atau keadaan geografis disekitar lingugan tersebut. Ada empat Mandala Budaya India. 

Yang dimaksud dengan mandala budya adalah suatu kawasan atau lingkungan wilayah yang memiliki ciri khas tertentu sebagi pengaruh dari dari keadaan alam geografisnya. Jadi ciri khsa lingkungan di sini bisa bersifat alamai, sosial atau budaya. Di lansir dari buku Sejarah Asia Selatan karangan Drs. Swarno M.Si menjalaskan empat Mandala budya India sebagai berikut:

1. Mandala lembah sungai Indus

Seperti diketahui, mandala lembah sungai Indus lebi dikenal sebagi mandala Lembah Punjab (daerah lima aliran Sungai Indus). Di lembah yang subur ini, pada jaman dahulu pernah berkembang peradaban besar yang berpusat di Mohejo Daro dan Harappa. Pada masa berikutnya berkembang kerajaan Taksasila (Taxila), Gandhra dan Greco-Bactira. Dilembah ini pula, menetap suku bnagsa yang sangat gagah, yaitu sikh, suku bangsa yang selalu siap berperang karena Punjab merupakan wilayah pintu masuk atau gerbang Inda. Saat ini suku bnagsa sikh yang berdiam di Negara Bagian Punjab (India) masih terus memperjuangkan separatisme atau pemisahan dari India, untuk mendirikan Negara merdeka yang disebut Khalistan (tanah murni)

2. Mandala lembah aliran sungai yang bermuara di sungai gangga

Lembah yang sangat cukup besar ini pada masa Kerajan-kerajaan Hindu tampil menjdai pusat peradaban Hindu. Terdapat kota-kota kuno yang terkenal Antara laian; Kosala, Pataliputra, Mathura. Di Antara mandala budaya lembah Indus dengan mandala aliran sungai Gangga terbentang padang pasir yang luas, yakni Thar atau Rajputana, di mana kedua tepinya dihubungkan oleh sebuah lorong kurusetra. Lorong ini terkenal dalam Mahabarata sebagai arena perang saudara antara keluarga Pandawa dan Kurawa. Diseputar wilayah ini bertebaran kota pusat kebudayaan kuno yang punya andil dalam sejarah India (bangsa Arya), Seperti Asinapura, Indraprasta, Kapilawastu, Ayodiapura, Kasi, Banares, Literatur Barat menyebut wilayah yang subur, bagi pertumbuhan kebudyaan, kuno India atau dengan cockpit of India.

Di padang pasir Pajputana, hidup suku bangsa yang sama-sama militanseperti suku Sikh di Punjab yaitu suku bangsa Rajput yang termasuk suku bangsa kestrya. Suku bangsa Rajput merupakan penentang Islam yang gigih, mesti ada sebagian Islam, tetapi umumnya beragama Hindu.

3. Mandala budaya Deccan

Karena pengaruh pegunungan Windhya yang beriklim ganas, yaitu perbedaan trempratur panas dan dingin amat tajam, maka pendudukuk ini juga dikenal berwatak keras dan suka perang. Mereka adalah suku bangsa Maratha yang dikenal dengan kolonialisme Inggris yang tangguh.

4. Mandala Budaya Tamil

Di balik deretan tinggi Deccan di sebelah timur, terhampar daerah landau yang besar, diawali dari benggala India. Penghuninya adalah suku bangsa Tamil yang dikenal cinta damai, atau tidak mudah memilih cara berperang untuk menyelesaikan masalah. Namun contoh gambaran bangsa tamil saat ini (contoh di Srilangka yang menuntut pemisahan) berubah menjadi suku bangsa militant, yang senang menumpahkan darah.

Dari kempat Mandala tersebut bisa kita simpulkan bahwa karakter masyarakat akan dibentuk pada keadaan lingkungan dan keadaan geografis disuatu wilayah, kemudian akan menjadi ciri khas dan membentu budaya serta peradaban. Hingga saat ini Negara India masih kenal dengan budaya ciri khas tersebut.