Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Satu lembar semester dua


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

(RPP)


Sekolah                 : MTsS Misbahunnur 

Mata Pelajaran : IPS

Kelas/Semester     IX ( Sembilan )/Genap

Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (Peremuan. ke-1 s.d 3)

Sub Materi Pokok: 

Perdagangan Internasional

1. Tujuan Pembelajaran

Setelah melaksanakan kegiatan melalui model Problem Based Learning, Discovery Learning, dan Two Stay Two Stray peserta didik mampu menjelaskan konsep, faktor-faktor yang mempengaruhi, manfaat, dan hambatan perdagangan internasional; menganalisis upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi dampak negatif perdagangan internasional; menganalisis pengaruh (positif dan negatif) perdagangan Internasional bagi kehidupan Negara; menemukan manfaat yang dirasakan pelajar dari perdagangan internasional; menyajikan hasil analisis perdagangan internasional; menampilkan sikap kerja keras, tanggung jawab, peduli, dan santun, serta rasa syukur.

2.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

2.1 Pendahuluan (10 menit)

Guru mengucapkan salam, mengecek kebersihan kelas, berdoa, menyanyikan lagu nasional, dan absensi lanjut menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan materi, langkah pembelajaran dan tehnik penilaian.

2.2 Kegiatan Inti (@ 40 menit)

Guru menyajikan masalah dan menstimulus peserta didik dengan menampilkan gambar atau tayangan video tentang perdagangan internasional. 


Kemudian guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendiskusikan di dalam kelompok dan menuliskan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan di papan tulis. (Creativity Thinking an Innovatio)

Pertemuan ke-1

Melalui model two stay two stray peserta didik mengumpulkan dan mengolah data terkait konsep dan faktor-faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional dengan observasi literasi dari buku paket, internet atau sumber lainnya kemudian mempresentasikan hasil observasi literasi di depan kelas.

Pertemuan ke-2

Mengumpulkan dan mengolah data melalui observasi literasi dari buku paket, internet atau sumber lainnya terkait masalah manfaat, hambatan, dan upaya mengatasi dampak negatif perdagangan internasional kemudian mempresentasikan hasil observasi literasi di depan kelas.

Pertemuan ke-3

Menelaah data melalui observasi literasi dari buku paket, internet atau sumber lainnya untuk menemukan pengaruh dan manfaat perdagangan internasional kemudian mempresentasikan hasil observasi di depan kelas.

(4Cs: Critical Thinking and Problem Solving; Collaboration; Communication)

2.3 Penutup (30 menit)

Membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pesan-pesan moral kaitan perdagangan internasional, melaksanakan post test dan menyampaikan informasi tentang kegiatan pembelajaran yang akan datang dan berdoa.

3. Penilaian

3.1 Sikap : Observasi/Jurnal;  

3.2 Pengetahuan Tes Tulis, Penugasan; 

3.3 Keterampilan : Unjuk Kerja Kegiatan diskusi dan presentasi.


Mengetahui,                                                                Cimahi,  Januari 2022

Kepala  Madrasah,                                              Guru Mata Pelajaran,



...................................                                       ..............................

NIP. ..............................                                            NIP....................