Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PPT Letak Geografis Benua Afrika


Media pembelajaran ppt letak geografis Benua Afrika merupakan sarana pembelajaran unuk lebih mudah dalam memahami materi dan subtansi materi. Media ini dibuat untuk mebantu para pelajar dan pengajar untuk mempersentasikan materi letak geografis benua Afrika.

Pada kegiatan proses beljar ini akan menunjang pembelajaran yang rfektif dan efisien terhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Maka olh sebab itu PPT ini akan memberikan pembahasan yang lebih detai terhadap materi geografi tentang benua Afrika.

Peta konsep yang merupkan strategi yang dipake dalam pembuatan PPT ini akan memberikan informasi subtasni lebih mendetail terhadap informasi yang akan diberikan kepada pembaca. PPT ini sudah dilengkapi gambar, animasi, serta berbagai aicon lainnya. 

Silahkan bagi teman-temen yang berminat untuk mengunduh materi tentang letak dan luas benua afrika bisa di unduh pada link di bawah. Jika ada yang tidak mengerti bisa di tanyakan melalui komentar sesuai dengan konten. Lebih lanjut bisa mengirimkan melalui email atau kontak yang sudah tertera pada web ini.

Benua Afrika letak astronomisnya terleta di antara 37°LU – 34°LS dan 17°BB – 51°BT. Bnua Afrika secara geografis, Benua Afrika berada di antara Samudera Atlantik dan Samudera Hindia. Benua Afrika juga berada di sebelah selatan dari Benua Eropa.

Benua Afrika memiliki luas hingga 30.365 juta kilometer persegi, menjadikannya benua terbesar kedua di Bumi setelah Asia. Benua Afrika berjarak 8000 km dari utara  ke selatan dan 7400 km dari timur  ke barat. 

Titik paling utara  benua Afrika berada di Al Ghiran, Tunisia, sedangkan  titik paling selatan adalah Tanjung Agulhas, Afrika Selatan. Selain itu, titik paling timur terletak di Point Haafun (Hafun), yang terletak di dekat  wilayah Cape Guardafui (Guardafui) Somalia. Titik barat adalah Almady, Tanjung Verde, Senegal.

Zona iklim tropis Afrika adalah wilayah di sekitar garis khatulistiwa yang membelah benua Afrika  di  tengahnya. Wilayah ini meliputi Guinea-Kongo dan Madagaskar. 

Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa, wilayah tropis menerima sekitar 1.000 hingga 2.000 mililiter curah hujan per tahun. Akibatnya, kawasan ini ditumbuhi oleh banyak tanaman, membentuk hutan hujan tropis dan hutan  tropis  lembab. 

Benua Afrika dan Benua Eropa dipisahkan oleh Selat Gibraltar, Laut Tengah dan Laut Merah. Benua Afrika terhubung dengan benua Asia  melalui Terusan Suez yang lebarnya 130 kilometer di ujung timur lautnya. 

Benua Afrika dilintasi oleh beberapa sungai besar. Salah satu sungai di seberang Afrika, termasuk Sungai Nil, yang panjangnya 6400 km. Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia dan melewati  Sudan dan Mesir. Selain itu, Afrika dilintasi oleh sungai Zambezi, Kongo, Niger, dan Orange. Danau-danau di benua Afrika adalah Danau Victoria, Tanganyika, Chad, dan Nasera. 

Letak astronomis benua Afrika berarti kondisi iklim dan kondisi alam sangat berpengaruh terhadap persebaran flora dan fauna  di benua Afrika. Oleh karena itu, flora benua Afrika merupakan gabungan dari tumbuhan hutan hujan tropis, seperti berbagai jenis lumut, pakis, semak belukar dan tumbuhan berdaun lebat dari Afrika Tengah dan Barat. Di  utara, rerumputan, semak, dan tanaman bertangkai lunak hidup terutama. Juga tanaman hidup selatan biasanya jenis rumput, semak dan tanaman lunak.

Benua Afrika terbagi menjadi lima wilayah, yaitu Afrika Utara, Afrika Barat, Afrika Tengah, Afrika Timur, dan Afrika Selatan. Menurut data PBB tahun 2018, sekitar 1,3 miliar orang tinggal di benua Afrika dengan kepadatan penduduk mencapai 36 orang per kilometer persegi.

Unduh PPT Materi Geogerafi Ilmu Pengetahuan Sosial mengenai Letak Geografis Benua Afrika. Klik di sini